Tips Memelihara Hamster Serta Mencegahnya Menjadi Kanibal


Tips Memelihara Hamster Serta Mencegahnya Menjadi Kanibal

Hamster bisa mmenjadi salah satu rekomendasi bagi anda untuk menjadi hewan peliharaan. Bentuknya yang kecil dan lucu membuat sebagian orang terutama anak-anak merasa gemas melihatnya. Memiliki bulu dengan warna danĀ  corak yang beragam, menjadi salah satu daya Tarik tersendiri dari hewan yang satu ini. Meskipun memiliki tingkah laku yang lucu dan aktif, nyatanya hamster memiliki waktu hidup yang cukup singkat, yaitu sekitar 4 sampai 8 tahun saja. Pemeliharaan yang baik menjadi kunci kesehatan serta umur panjang dari hewan kecil ini. Berikut adalah beberapa tips merawat hamster.

  1. Pemilihan kandang yang tepat.

Hamster membutuhkan kandang yang cukup luas untuk membuatnya nyaman dan bertahan hidup. Biasanya kandang hamster memiliki ukuran normal panjang 60 cm dan lebar 30 cm. Bahan-bahan yang disarankan untuk membuat kandang hamster adalah plastik tebal atau kaya. Dan tidak lupa beri ventilasi udara agar sirkulasi udara tetap lancar, yaitu dengan melubangi bagian atas kandang.

  1. Vasilitas kandang

Guna menunjang kebutuhan hamster selama di dalam kendang, maka kamu harus menyediakan beberapa kebutuhan, seperti tempat minum, tempat makan, serta alat untuk bermain. Alat bermain atau yang sering berbentuk seperti roda berputar ini dianjurkan ada, supaya hamster tidak mudah stress.

  1. Memilih alas kandang yang tepat

Bahan yang dijadikan alas untuk kandang hamster, sebaiknya adalah serutan kayu yang lembut dan tidak melukai. Sedangkan untuk tebal alas sendiri kurang lebih 5 cm. Serutan kayu ini selain sebagai alas, juga digunakan hamster sebagai tempat istirahat. Agar kesehatan hamster tetap terjaga, lakukan pembersihan pada alas kandang dan peralatan kandang lainnya dua hari sekali.

  1. Penempatan kandang

Tempatkan kandang Hamster di tempat yang tidak terkena sinar maahari secara lagsung. Kepanasan membuat hamster terus bersembunyi dan enggan untuk makan.

  1. Nutrisi yang cukup

Seperti hewan peliharaan lainnya, hamster juga perlu diberi makanan dengan nutrisi yang cukup agar tumbuh kembangnya baik. Salah satu kebiasaan hamster yang berhubungan dengan makanan yaitu kegemarannya menimbun. Banyak pemilik hewan yang satu ini, akan membuang makanan yang ditimbun tersebut karena dinilai sudah tidak segar. Namun tahukah kamu? Membuang makanan yang disembunyikan hamster akan membuatnya stress. Jadi yang perlu kamu lakukan ketika ingin mengganti makanan dengan yang baru, yaitu dengan meletakkannya kembali di tempat yang sama.Tambahan vitamin juga perlu diberikan, seperti vitamin A dan D.

  1. Kebutuhan minum

Selain kebutuhan makanan, air bersih juga menjadi hal wajib yang harus ada. Wadah Air untuk minum hamster ini biasanya berbentuk pipa yang dapat disedot. Perlu diketahui pula bahwa hamster tidak menyukai air hangat, sehingga pastikan temperature air minumnya tetap dingin. Jangan lupa ganti air tersebut sehari sekali.

Cara mencegah Hamster Menjadi Kanibal

Tips Memelihara Hamster Serta Mencegahnya Menjadi Kanibal

Salah satu yang mengakibatkan bayi-bayi hamster mati setelah dilahirkan yaitu karena dimakan sendiri oleh induknya. Sifat kanibal pada hamster memang menjadi salah satu kendala keberhasilan pembiakan pada hewan ini. Dilansir dari liputan6.com berikut adalah beberapa cara merawat bayi hamster agar tidak dimakan oleh induknya.

  1. Hindari suara keras

Alangkah lebih baik jika setelah melahirkan, hamster diletakkan di tempat yang sunyi. Adanya suara yang keras akan membuat induk hamster panik dan stress, yang dapat mengakibatkan dia membunuh dan memakan anak-anaknya sendiri. Kanibal merupakan sifat alaminya untuk bertahan hidup. Menempatkan kandang hamster jauh dari aktifitas manusia menjadi alternatif pilihan yang dapat dilakukan.

  1. Jangan menyentuh bayi hamster

Jangan menyentuh bayi hamster setidaknya dua minggu setelah dilahirkan. Aroma tubuh manusia yang menyentuh hamster tersebut dapat tertinggal, dan mengaburkan atau menghilangkan aroma bayi hamsterĀ  itu sendiri. Hal ini dapat membuat sang induk tidak mengenali anaknya serta enggan untuk merawat atau bahkan membunuhnya.

  1. Tidak mencampur dengan hamster lain

Hamster jantan juga memiliki sifat kanibal. Maka dari itu pisahkan induk hamster betina dan anaknya, dengan hamster jantan. Agar kemungkinan anak hamster dimakan semakin kecil.

  1. Hindari membersihkan kandang

Jika sebelumnya kamu terbiasa membersihkan kandang hamster satu minggu sekali, maka setelah hamster melahirkan hentikan kebiasaan ini, setidaknya selama 14 hari setelah bayi hamster dilahir. Namun kamu tetap harus memberinya makan dan minum setiap hari. Serta pastikan pula kamu tidak menyentuh langsung bayi hamster tersebut.

  1. Ruang privasi bagi induk hamster

Sering kali induk hamster akan menyimpan anaknya ditempat tersembunyi, yang perlu kamu lakukan adalah tidak mengganggu atau memindahkannya, biarkan saja seperti itu. Kamu juga tidak boleh melihat atau berada disekitar kandang hamster yang baru melahirkan terlalu lama. Keberadaan manusia akan membuat induk hamster cepat stress dan mengganggap ada sebuah ancaman. Dan bisa saja ia akan membunuh atau memakan anak-anaknya sendiri sebagai bentuk pertahanan untuk melindungi sarangnya.