Jenis Anjing Peliharaan, Serta Fakta Unik Yang Dimiliki


Jenis Anjing Peliharaan, Serta Fakta Unik Yang Dimiliki

Bagi sebagian orang, memelihara hewan menjadi sebuah hobby yang menyenangkan. Selain kucing, anjing juga menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak digemari masyarakat. Selain karena bentuk dan tingkah lakunya yang lucu, kesetiaan anjing pada tuannya juga menjadi salah satu alasan mengapa hewan yang satu ini begitu popular dipelihara.

Berbagai macam jenis anjing dari berbagai ras kemudian tersebar ke seluruh dunia. Bagi kamu yang ingin mencari anjing sebagai hewan peliharaan di rumah. Alangkah lebih baik kamu mengetahui jenis-jenis hewan karnivora ini, sebagai bahan pertimbangan kamu untuk memilih. Berikut adalah beberapa jenis anjing peliharaan yang perlu kamu ketahui.

  1. Golden Retriever

Disebut Golden Retiever karena memiliki bulu keemasan ketika terkena sinar matahami. Golden Retiever banyak dijadikan hewan peliharaan karena cerdas dan pemberani. Selain itu, anjing ini juga memiliki indra penciuman ynag tinggi.

  1. Bulldog

Jenis anjing yang berasal dari Inggris ini memiliki bentuk muka yang sedikit menyeramkan. Meski begitu, Bulldog tetap menjadi salah satu ras popular yang dijadikan hewan peliharaan. Ukuran badan yang relatif kecil serta sifatnya yang bersahabat menjadi alasan mengapa anjing ini menjadi pilihan.

  1. Siberian Husky

Siberian Husky atau sering disebut Husky adalah jenis anjing yang memiliki bulu lebat serta ukuran tubuh yang sedang. Anjing yang memiliki bentuk menyerupai serigala ini, juga menjadi jenis anjing popular untuk dipelihara. Sifatnya yang mudah bersahabat dan tidak terlalu agresif, membuat sebagian orang menyukuai anjing jenis ini.

  1. Chihuahua

Chihuahua menjadi salah satu jenis anjing terkecil di dunia. memiliki bulu yang halus serta memiliki sifat setia. Tidak hanya itu, chihuahua merupakan anjing yang lincah dan aktif dalam bergerak.

  1. Pug

Ciri khas dari anjing pug adalah memiliki bentuk kepala bundar dengan kerutan di bagian wajah. Meskipun tergolong anjing dengan ukuran kecil, pug merupakan anjing penjaga yang baik. Ia sangat setia dan mengabdi pada pemiliknya. Selain itu ia juga mampu hidup rukun dengan hewan peliharaan lain. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan sahabat dirumah.

  1. Maltese

Maltese merupakan anjing kecil dengan bulu yang sangat lembut. Memiiki berat badan kurang dari 7 kg, anjing ini tetap memiliki sifat yang berani. Kegemarannya bermain-main dan gerakannya yang energik, membuat Maltese sangat cocok dijadikan teman untuk jalan-jalan.

Fakta unik hewan anjing

Jenis Anjing Peliharaan, Serta Fakta Unik Yang Dimiliki

Selain karena bentuk serta tingkah lakunya yang lucu, memiliki sifat yang setiap kepada pemiliknya. Ternyata anjing masih banyak memiliki fakta menarik lainnya yang mugkin belum banyak orang tahu. Dilansir dari Tempo.co, berikut adalah beberapa diantaranya.

Pertama, bisa menambah teman. Hasil penelitian yang dimuat dalam Jurnal British Psychological Society tahun 2000, menyatakan bahwa orang yang berjalan dengan membawa anjing peliharaannya, akan memiliki kesempatan berinteraksi tiga kali lebih banyak. Secara singkat, membawa serta anjing ke tempat umum dapat meningkatkan interaksi sosial pemiliknya.

Kedua, anjing ras jinak cenderung hidup lebih lama. Anjing denganĀ  jenis agresif atau galak, mempunyai tumbuh kembang yang cepat. Jenis anjing agresif juga menghabiskan energi lebih banyak, serta cenderung mengalami kematian lebih cepat dari pada anjing rumahan.

Ketiga, chihuahua berasal dari Timur Tengah. Meskipun nama dari anjing jenis ini seperti nama Amerika Latin, namun dalam Jurnal Nature tahun 2010 mengungkap hal berbeda. Chihuahua serta anjing kecil lainnya memiliki nenek moyang yang berasal dari Timur Tengah. Gen yang terdapat dalam jenis anjing kecil memiliki kesamaan gen dengan serigala abu-abu di Timur Tengah. Kebiasaan masyarakat memelihara serigala abu-abu ini, membuat ukurannya semakin mengecil dari waktu ke waktu.

Keempat, memiliki kemampuan berpikir anak usia 2 tahun. Penelitian yang dilakukan Asosiasi Psikologis Amerika tahun 2009, mendapatkan hasil bahwa beberapa ras anjing memiliki daya pikir setara anak usia dua tahun serta mampu memahami 200 kata.

Kelima, tidak merasa bersalah. Ekspresi iba yang ditunjukkan anjing ketika dimarahi oleh pemiliknya merupakan respon atas teguran tersebut, dan bukan merupakan ekspresi rasa bersalah. Anjing yang dituduh bersalah, padahal tidak melakukan kesalahan. Sering menunjukkan mimik muka penuh iba, dari pada anjing yang memang melakukan kesalahan.

Keenam, memiliki kemampuan mengetahui sebuah penyakit. Anjing memang terkenal sebagai hewan yang pintar. Hewan yang satu ini mampu mendeteksi penyakit kanker, diabetes, dan prostat. Banyak penelitian menyatakan bahwa, anjing dapat mendeteksi 45 menit sebelum pemiliknya terkena epilepsi. Kemampuannya ini bisa jadi berasal dari penciumannya yang tajam, yang mampu mencium perubahan bau sebagai tanda adanya penyakit.

Ketujuh, memiliki sifat iri. Tidak hanya manusia saja yang memiliki sifat iri, anjing juga memiliki sifat yang sama. Anjing akan merasa iri ketika melihat anjing lain diberi makanan, sedangkan ia tidak. Gelisah, sering menggaruk, serta tidak mau melihat atau bahkan menoleh ke anjing yang mendapat makanan terebut, menjadi respon akan sifat iri yang dirasakan.